About

Saya suka travelling, baik sendiri, bersama anak istri maupun teman-teman. Alasan saya jalan-jalan  kadang karena urusan pekerjaan namun sebagian besar karena memang pingin jalan-jalan alias hobby.

Banyak hal-hal baru yang saya temui, rasakan dan kita ambil pelajaran selama perjalanan, bahkan kadang menarik untuk diaplikasikan, ditiru. Tentunya tidak semua menyenangkan, tetap saja ada yang kurang menyenangkan meskipun sedikit. Oleh sebab itu saya tuliskan sebagian dari cerita perjalanan saya baik di Indonesia maupun di negara lain agar para pembaca yang mengunjungi blog saya ini dapat ikut merasakan dan mungkin mengambil bagian-bagian yang baik dari apa yang saya tulis. Mungkin ada yang tidak setuju dengan sebagian yang saya tulis, komentar-komentar saya, saya memohon maaf sebesar-besarnya. Saya tidak bermaksud sedikitpun untuk menyinggung perasaan apalagi menyakiti, justru saya ingin berbagi hal-hal yang positif jika memang ada.

Banyak yang berpikir bahwa tidak semua orang bisa memiliki kesempatan istimewa seperti saya untuk jalan-jalan karena adanya keterbatasan kemampuan finansial. Sejujurnya tidak semua perjalanan yang satu tuliskan adalah perjalanan yang membutuhkan biaya besar. Banyak perjalanan kita di negara lain bisa dibilang tanpa biaya karena dibayarin teman yang jalan bareng kita. Itu lah the power of friendship. Yang pasti modal kita adalah tiket dimana akan mendapatkan  harga murah jika mau membelinya jauh hari, berapa bulan sebelumnya. Karena harus jauh-jauh hari berarti kita sudah harus punya perencanaan yang baik kapan akan jalan-jalan. Kita selalu menekan biaya sekecil mungkin yang berdampak jarang beli oleh-oleh 🙂

Jalan-jalan bukan masalah kaya atau miskin tapi lebih pada pilihan hidup. Para mahasiswa atau yang baru pada lulus di Program S2 Geothermal ITB sudah pada jalan-jalan ke luar negeri bahkan mungkin ada yang negara yang dikunjunginya lebih banyak dari yang pernah saya kunjungi, padahal secara finansial tidak yakin lebih baik dari saya. Mereka jalan-jalan dengan berbagai alasan: presentasi, pertukaran mahasiswa, proyek dengan dosen, penelitian bersama dll, yang penting jalan-jalan.

Banyak teman-teman atau saudara yang memiliki kemampuan finansial jauh di atas saya namun orietasinya memang bukan untuk jalan-jalan tapi rumah bagus, mobil bagus, tanah dimana-mana, hobby mahal, mendanai kegiatan-kegiatan sosial atau bahkan punya usaha/bisnis, dan semua pilihan tersebut baik-baik saja, tidak ada yang salah. Orientasi saya dan istri adalah jalan-jalan karena merasa begitu cepatnya waktu berlalu dan kita ingin lewatinya bersama  anak kita. Sekarang dia sudah 11 tahun, tidak tahu berapa lama lagi dia masih bisa menghabiskan waktu bersama kita, yang pasti…. makin sedikit.

Jakarta, 13 Oktober 2016.

foto-about

Ali Ashat (labgeothermal@yahoo.com)

http://www.suryawukukala.org

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s